Menanam Terong di Polybag

Menanam tanaman sendiri merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Bagi masyarakat dengan yang lahannya sempit menanam tanaman dapat dilakukan di dalam polybag. Berbagai macam tanaman dapat ditanam dalam polybag
Baik tanaman sayuran maupun tanaman buah-buahan, kedua tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik di dalam media tanam polybag. Pada kesempatan ini saya ingin memberi informasi mengenai cara menanam tanaman terong di polybag.
Sesuai dengan pengalaman saya, menanam terong di polybag ternyata dapat tumbuh dan berbuah dengan baik. Asalkan penyediaan kebutuhan tanaman dapat ter supply dengan baik maksudnya tanaman harus senantiasa disiram setiap hari. Uuntuk mempercepat pertumbuhan dapat diberikan pupuk organic atau pupuk kimia saat masa pertumbuhan. Tanaman terong merupakan tanaman yang cukup cepat berbuah atau menghasilkan sayuran. Tidak butuh lama untuk tanaman tersebut berbuah. Dengan rasa yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, tanaman terong merupakan tanaman yang cukup potensial untuk di budidaya.


Adapun cara menanam tanaman terong di polybag itu hal yang perlu diperhatikan dua hal yaitu adalah saat penanaman atau media yang digunakan untuk penanaman. Yang kedua adalah perawatan pada fase penanaman atau pemilihan media tanaman. Pada saat dan ini saya akan menggunakan polybag. Polybag yang dimaksud adalah polybag dengan ukuran 18 cm x 33 cm. Walaupun cukup kecil tetapi dengan ukuran tersebut terong dapat tumbuh dengan baik. Namun perlu diperhatikan bahwa dalam satu polybag harus ditanam 1 saja karena jika lebih dari satu maka tidak akan tumbuh dengan baik.
Media tanam yang ada di dalam polybag menggunakan campuran tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 3 banding 1 di mana lebih banyak tanah daripada pupuk organic. karena jika terlalu banyak pupuk maka Tanaman akan layu dan tidak dapat tumbuh dengan baik. Setelah ditanam usahakan dilakukan penyiraman setiap hari. Penyiraman dapat dilakukan pada pagi hari agar nanti saat siang hari tanaman tidak kekurangan air dalam polybag.
Bagian perawatan yang dimaksud adalah merawat dengan perhatian dan penuh dengan sungguh-sungguh. perawatan bertujuan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan dapat menghasilkan hasil yang optimal. perawatan dapat dilakukan dengan cara memberikan pupuk organik kepada tanaman. Jika menggunakan pupuk cair dapat disemprotkan dengan interval waktu 1 sampai 2 minggu sekali. Namun jika ingin menggunakan pupuk kimia dapat digunakan mulai dari pupuk daun pupuk batang dan pupuk buah dan untuk pestisida bisa menggunakan pestisida insektisida atau menggunakan fungisida, dimana insektisida merupakan racun serangga sedangkan fungisida merupakan racun yang digunakan untuk membasmi jamur. Namun jika ingin memiliki tanaman yang organik atau bebas dari bahan kimia dapat menggunakan pupuk cair organik atau insektisida dari tanaman-tanaman atau buah-buahan yang tentunya alami.
Perawatan juga harus dilakukan sesuai dengan kondisi tanaman. Tanaman terong memerlukan ajir untuk menopang tanaman agar tidak roboh. Karena tanaman terong memiliki daun yang lebat dan mudah sekali terkena Angin. Jika tidak diberikan Ajir maka tanaman akan roboh dan mati.
Begitulah cara menanam tanaman terong di dalam polybag dengan cara tanam yang baik dan benar akan menghasilkan hasil yang optimal dan berkualitas. Namun jika ingin menanam dalam skala besar saya sarankan dapat dilakukan di sawah dengan cara membuat badeng badeng.

0 komentar

Posting Komentar